Jumat, 25 November 2011




Sabetan Dalam Wayang
Yang Memiliki Unsur Seni dan Estetika



Disusun oleh:
Nama : Rizki Baiquni P
NPM : 1106061365
Prodi : Ilmu Filsafat
Mata Kuliah : MPK Seni (Wayang)





UNIVERSITAS INDONESIA
DEPOK 2011


Sabetan Dalam wayang yang Memiliki Estetika dan Seni

Pendahuluan

Wayang merupakan sebuah karya seni yang didalamnaya terdapat ajaran-ajaran dan nilai-nlai etis yang sangat lengkap, kelengkapan ajaran dan nilai-nilai yang ada dalam wayang ini dapat dilihat dari ajaran dan nilai-nilai wayang tentang manusia, alam semesta, dan Tuhan. Selain itu juga tentang bagaimana manusia dapat mencapai kesempurnaan hidupnya, baik dari sebagai pribadi makhluk sosial maupun hamba Tuhan, Sebagai sebuah karya seni.
Didalam Pergelaran Wayang itu sendiri tidak terlepas dari yang namanya gerakan-gerakan yang dinamis atau yang dalam Istilah perwayangan disebut Sabetan. Sabetan sendiri berasal dari kata sabet, yang artinya pengembat, sebat; disabet berarti diembat, disekat, dibingkah; disabeti berarti dibelasah; nyabet artinya menjatuhkan kartu, melakukan wayang kulit; dan sabet dalam krama inggil berarti pedang (Prawiroatmojo, 1981: 155).
Dalam prakteknya, sabet menampilkan berbagai macam gerakan. Contohnya saja gerak berjalan, gerak dalam peperangan, dan sebagainya. Itu pun dibedakan atas gerak dari manusia, wanara, raksasa, sarbosato, dan sebagainya. Jenis sabetan sendiri terdiri dari dua macam, yakni sabet murni dan sabet maknawi.

Pembahasan

Wayang kulit adalah suatu pergelaran seni yang sudah berusia lebih dari setengah milenium. Pergelaran wayang kulit biasa dimainkan oleh sesorang yang pandai menghibur yang disebut Dalang. Wayang kulit biasa dipermainkan selama semalam suntuk bahkan Ia harus bisa mengubah karakter suara, berganti intonasi, mengeluarkan guyonan dan bahkan menyanyi. Untuk menghidupkan suasana, dalang dibantu oleh musisi yang memainkan gamelan dan para sinden yang menyanyikan lagu-lagu Jawa.
Berbicara Mengenai Wayang maka tidak terlepas dari unsur-unsur jenis seni yang terkandung didalamnya. Wayang merupakan kumpulan dari berbagai macam seni yang sudah diramu menjadi sebuah satu kesatuan yang utuh, yakni seni drama, musik, rupa, gerak, dan seni sastra.
Dalam Seni gerak Wayang (Sabetan) selalu melibatkan dua dimensi yaitu dimensi ruang dan dimensi waktu. Dalam dimensi ruang atau bisa disebut juga dimensi gerak terdapat nilai-nilai keindahan didalamnya, karena pada gerakan terkandung keseimbangan, kesimetrian, dan sebagainya. Unsur-unsur inilah yang menyebabkan suatu seni wayang memiliki keindahan atau estetika. Yang kemudian dimensi ruang ini bergabung dengan dimensi waktu yang menimbulkan unsur-unsur keindahan yang lain seperti kesamaan dalam ritme permainan gamelan, atau kecrek. Karena memang pada hakikatnya, sabetan sangat memperhatikan prinsip wiraga, wirama, dan wirasa dalam pagelaran wayang itu sendiri.
Sabetan juga memiliki kaitan khusus pada udanegara. Udanegara adalah suatu tindakan, perkataan, sikap dan tingkah laku tokoh wayang pada tokoh yang lain. Udanegara mempengaruhi sabetan karena pada gerak suatu tokoh berdasar pada peringainya. Karenanya, udanegara memiliki peranan penting bagaimana suatu tokoh wayang bergerak.
Udanegara memegang peranan penting terutama dalam hal menentukan bagaimana seorang tokoh dalam cerita wayang tersebut bergerak. Contohnya dalam menghaturkan sembah; pada adegan kerajaan Astina, tokoh Karna, Durna, dan Sangkuni menghaturkan sembah karna (telinga) - tangan kanan menempel pada telinga - kepada Duryudana, sedangkan parekan (dua abdi perempuan), menghaturkan sembah dengan kedua telapak tangan menyatu menempel ke hidung. “Sembah karna” (sembah telinga) dilakukan oleh suatu tokoh kepada tokoh lain biasanya yang sama atau hampir sama status sosialnya. Seperti halnya juga raja Yudhistira kepada raja Kresna atau sebaliknya, mereka menerapkan sembah karna. Sedangkan sembah yang menempelkan kedua telapak tangan pada hidung, dilakukan, misalnya: samba kepada Kresna, ayahnya, atau Rukmarata kepada Salya (ayahnya).
Maka dalam permainannya, Tokoh wayang itu sendiri selalu berbicara sesuai dengan tabiat atau watak dasar yang sudah mereka miliki sebelumnya. Setiap tokoh mempunyai etika berbicara terhadap tokoh yang lainnya. Hal ini menunjukan bahwa gerakan wayang itu selalu tergantung akan suasana yang sedang terjadi dan siapa yang dihadapi.
Tak elak, ada beberapa aspek yang patut diperhatikan dalam gerakan wayang, antara lain adalah udanegara seperti yang dibahas sebelumnya, usia, klasifikasi, wanda (wujud dari prejengan dan karakter dasar pada kondisi mental dan lingkungan tertentu).
Dalam melakukan pertunjukan seni wayang kreatifitas adalah sesuatu yang sangat penting kehadirannya. Maka dari itu seorang Dalang sebenarnya merupakan kreator untuk menjadi titik kunci keindahan tersebut. Dalang sudah mengetahui sabetan yang begitu rupa macamnya. Dengan refleksitas dan kreatifitas, ia menciptakan sabetan-sabetan indah yang mengoordinasikan antara dimensi ruang dan dimensi waktu menjadi suatu yang menarik.
Dalam sabetan sendiri, terdapat beberapa istilah, misalnya prapatan, jeblosan, tebakan, sikutan, samberan, getak, ngancap, junjung, banting, dupak, dugang, dan sebagainya. Hal ini pun tak dapat dikesampingan untuk menilai gerakan wayang yang mengandung nilai keindahan secara menyeluruh. Sabetan yang bagus adalah sabetan yang sarat akan keindahan atau estetika, tentulah dihasilkan oleh seorang dalang yang lihai dan cerdik dalam pagelaran wayang. Penyajian lakon akan sempurna ketika dalang dengan luwes memainkan gerakan-gerakan wayang nan apik. Dalang yang baik tentu dapat mengorelasikan gerakan dengan unsur estetika yang lain yang terdapat dalam pagelaran wayang.
Di zaman modern seperti sekarang ini, keluwesan seorang dalang melakukan sabetan sungguh sangat bernilai karena keaneka-ragaman sabetan menjadi salah satu daya tarik dalam pertunjukkan wayang. Sabetan-sabetan yang lihai pun dapat diciptakan oleh dalang yang kompeten yang sudah lihai dengan cepengan (cara memegang wayang), dimana seorang dalang menguasai cara memegang gapit dan tuding. Tak dapat dipungkiri bahwa sabetan atau gerakan wayang di dalam pagelaran wayang mencakup nilai keindahan yang tiada tara.
Sebagai contoh Mungkin seorang Dalang yang bernama Ki Manteb sudah tidak asing lagi ditelinga kita. “Sabetan Tangan Setan”, itulah julukan yang diberikan kepada Ki Manteb, julukan itu diberikan kepadanya bukan karena beliau jahat. Melainkan karena sabetan-sabetan yang beliau lakukan hampir tiada duanya. Dalam melakukan sabetan beliau terinspirasi oleh film-film kungfu yang dibintangi oleh aktor-aktor terkenal. Jadi ketika sudah dalam pertunjukan wayang beliau berimprovisasi seolah-olah sedang melakukan kungfu seperti film-film yang sudah ditontonnya.
Dalam setiap pertunjukannya ki Manteb selalu tampil dengan pakeliran wayang kulit klasik, namun selalu kaya inovasi. Pertunjukannyapun senantiasa indah, segar dan aktual. Berbagai unsur pertunjukan modern telah diadopsinya untuk memperkaya nuansa pakeliran tanpa menghilangkan isi dan nuansa Jawa. Dengan kreativitas semacam itu, ruang artistik kelir terlihat semakin indah. Apalagi dengan dukungan tata cahaya yang digarap secara khusus. Untuk musik pengiringnya, Ki Manteb sering menghadirkan peralatan musik modern ke panggung, misalnya tambur, biola, terompet, ataupun simbal, sehingga pertunjukan wayang kulit menjadi lebih atraktif dan dinamis.
Maka dari itu beliau pernah mengatakan bahwa Sabetan itu bukan semata-mata soal ketrampilan, tetapi lebih pada bagaimana memberi roh pada wayang. Orang dapat terampil memainkan wayang dalam sebulan. Namun wayang di tangannya hanya wayang mati. Wayang tanpa roh.
Hal ini mencerminkan bahwa sebuah sabetan dalam wayang tercipta dengan menyelaraskan antara wiraga, wirama, dan wirasa. Sabetan yang baik dihasilkan oleh pengolahan sabetan-sabetan sebelumnya berupa latihan keras. Para dalang memiliki pijakan-pijakan atau norma-norma dalam menampilkan seorang tokoh wayang. Kekayaan akan tokoh menciptakan vokabuler-vokabuler gerak yang sarat akan keindahan dalam pagelaran wayang.





Kesimpulan

Wayang memiliki segala macam aspek seni, termasuk seni gerak. Seni gerak dalam wayang disebut pula sabet atau sabetan. Sabetan dalam wayang memiliki gerakan yang begitu beragam. Dalam setiap gerakan wayang terdapat esensi dan unsur estetika disetipa gerakannya. Sabetan dalam wayang bukan hal yang main-main melainkan hal yang tercipta atas pengolahan yang rumit sehingga tercipta gerakan sarat keindahan.
Pedalang dapat dikatakan handal apabila menguasai sabetan, karena sabetan dalam pagelaran berkaitan dengan seluruh komponen dalam pagelaran wayang, misalnya berkaitan dengan seni musik, seni teater, dan unsur estetika lainnya. Dalam penerapannya pun, para dalang memiliki norma-norma tertentu yang sudah disepakati antar-dalang sebelumnya dan biasa disebut dengan udanegara.
Tak dapat dipungkiri bahwa dalam perkembangannya, sabetan mengalami perkembangan yang signifikan berkaitan dengan pengolahan sabetan yang serius seperti dalam kasus sabetan tangan setannya Ki Manteb. Beliau adalah salah seorang dalang yang kreatif. Karena ia mendapatkan inspirasi melakukan sabetan-sabetan dari menonton film-film action dan iapun telah berani melakukan terobosan-terobosan modern dalam setiap pergelaran wayangnya.













Daftar Pustaka

Guritno, Sri, dkk. 2002. Karakter tokoh pewayangan Mahabarata seri IV. Jakarta : Badan Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata

Sumber Internet:

Darmoko. ”Seni Gerak dalam Pertunjukkan Wayang: Tinjauan Estetika”. http://journal.ui.ac.id/upload/artikel/06_Seni%20Gerak_Darmoko.pdf (diakses 08 September 2011)

Utomo, Yunanto Wiji. ”Wayang Kulit, Mahakarya Seni Pertunjukkan Jawa”. http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/performance/wayang-kulit-show/ (Diakses 08 september 2011)

Adi, Ganug Nugroho. “Sabetan tangan setan Ki Manteb”.
http://kabarsoloraya.com/2010/06/17/sabetan-tangan-setan-ki-manteb/ (diakses 08 september 2011)

_______ “Sabet”
http://id.wikipedia.org/wiki/Sabet (diakses 08 september 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pojok Komentar !!! :D